Sabtu, Februari 18, 2012

Tips Menjawab Wacana Panjang ( Longer Reading )

1. Apabila ditanya simpulan ( conclusion ), gabungkanlah intisari gagasan pada paragraf pertama dan terakhir.

2. Apabila ditanya tujuan utama penulis menuliskan teks tersebut, intisari paragraf pertama dalah jawabannya. Apabila terdapat sebuah kalimat pertanyaan pada paragraf pertama, maka pertanyaan itu adalah gambaran dari tujuan penulis akan hal yang hendak disampaikan.

3. Untuk menjawab pertanyaan sebab akibat ( dengan ciri why ... ?, or because or as or since ... ), maka pertama dalah mencari pernyataan yang sama dengan kalimat soal di wacana. Bila sudah didapatkan, melihat satu kalimat sebelum dan atau sesudah kalimat tadi. Jawaban biasanya terletak pada satu kalimat sebelum dan atau sesudah pernyataan kalimat yang sama dengan soal tadi.

4. Apabila ditanya inti cerita ( dengan ciri soal : the text tells us about ..., what is the text about ?, what is suitable title for the text ?, maka untuk menjawabnya, membaca setiap kalimat pertama dari setiap paragraf lalu menggabung gagasannya.

5. Untuk menjawab pertanyaan melengkapi gagasan, tinggal saja melihat di cerita, pernyataan yang sama dengan soal dan melihat kelanjutan kalimat tersebut, itulah jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar