Sabtu, Februari 18, 2012

Tips Menentukan Inti Cerita

1. Apabila ditanya topik or inti cerita di wacana or teks, kebetulan terdapat istilah yang diapit tanda petik dan istilah itu sedang menjadi ulasan, maka topik dari paragraf tersebut adalah istilah tersebut.

2. Apabila ditanya topik, harus diingat bahwa topik dalam Bahasa Inggris disampaikan hanya dalam 2 cara yaitu deduktif tereksplisit di kalimat awal dan induktif di kalimat akhir. Namun kebanyakan teks soal selalu mengambil bentuk teks ilmiah yang dinyatakan secara deduktif. Maka untuk mencari pertanyaan dari topik, tinggal saja mencari diantara pilihan jawaban yang sama or mirip or senada dengan kalimat awal di wacana dan itulah jawabannya. Bila tidak ada pilihan jawaban yang bermakna sama dengan kalimat dari wacana, baru dilihat kalimat terakhir dari wacana. Itulah induktif.

3. Langkah mencari pikiran utama ( main information / main idea )

a. Mencari pilihan pada pertanyaan pikiran utama yang kata-katanya / kalimatnya sama or searti dengan yang ada pada jawaban topik karena pikiran utama hanyalah suatu penembangan topik. Topik dan pikiran utama akan membicarakan hal yang sama.

b. Apabila ada urutan seperti dinyatakan dengan ungkapan seperti first..., second... dst atau one..., two..., dst atau dengan urutan a or b or c maka yang diurutkannya itulah pikiran utama, sementara pengurutnya hanya merupakan pemberian or pikiran pendukung / penjabaran.

c. Langkah lain adalah dengan menggabungkan gagasan pada kalimat pertama dan kedua dari wacana. Hasil penggabungan akan menjadi pikiran utama.

d. Alternatif langkah yang lain lagi, bisa dengan menggabungkan gagasan pada kalimat pertama dan gagasan dari kalimat terakhir ( gabungan deduktif dan induktif : campuran ).

Urutan diatas menunjukkan prioritas, jadi rumus 3b digunakan bila dengan rumus 3a jawaban belum ditemukan, dan rumus 3c digunakan bila dengan rumus 3a dan 3b jawaban tidak ditemukan.

1 komentar: